10 April, 2014

INSAN KAMIL : Kesucian dan Silsilah Keturunan Nabi




INSAN  KAMIL
SOSOK  KETELADANAN  MUHAMMAD  SAW
Karya :

DR.Sayyid Muhammad Alwy al-Maliki


BAB  I
Bakat  dan  Sifat  Nabi


A.      Kesucian dan Silsilah Keturunan Nabi

            Ibnu 'Abbas meriwayatkan, bahwa Nabi bersabda : "Aku tidak dilahirkan dari perkawinan dengan cara jahiliah, melainkan dari pernikahan Islam."

            Hisyam bin Muhammad Al Kalbi meriwayatkan dari ayahnya, bahwa ia pernah menuliskan nama untuk Nabi lima ratus ribu, dan tak seorang pun yang melahirkan dengan cara perkawinan jahiliah.

            Imam 'Ali bin Abi Thalib juga meriwayatkan dari Nabi bahwa Beliau bersabda : "Aku dilahirkan dari perkawinan yang sah. Sejak dari Adam hingga ayah dan ibuku tidak sedikit pun tercemar oleh noda-noda jahiliah."

            Ibnu 'Abbas meriwayatkan dalam hadis yang lain, bahwa Nabi bersabda : "Tidak sekali-kali pertemuan ayah dan bundaku dengan perkawinan yang tidak sah. Allah memindahkan aku dari sulbi yang baik ke rahim yang suci, bersih dan terpelihara. Dan tidak ada suku yang terpecah menjadi dua, melainkan aku berada di tempat yang terbaik di antara keduanya."

            'Aisyah meriwayatkan pula bahwa Nabi bersabda : "Jibril pernah berkata, 'Aku telah membolak-balikkan bumi ini dari barat hingga timur. Maka tidak aku jumpai seorang pun yang lebih utama dari Muhammad, dan tidak kulihat suku yang lebih mulia dari Bani Hasyim.'"

No comments:

Sebelumnya Selanjutnya Home