05 May, 2015

INSAN KAMIL : Kesempurnaan Ilmu Nabi



INSAN  KAMIL
SOSOK  KETELADANAN  MUHAMMAD  SAW
Karya :
DR.Sayyid Muhammad Alwy al-Maliki



BAB  I
Bakat  dan  Sifat  Nabi


O.   Kesempurnaan Ilmu Nabi

Bahwasannya Nabi SAW berilmu sangat luas, berakal pikiran yang cerdas, dan bahwa segala ilmu yang tinggi dan bermanfaat telah dilimpahkan Allah kepadanya, hal itu telah ditegaskan oleh firmannya:

وَاَنْزَلَ اللهُ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَكَ مَالَمْ تَكُنْ تَعْلَمُ وَكَانَ فَضْلُ اللهِ عَلَيْكَ عَظِيْمًا (النساء : ١١٣)

Artinya: “Dan Allah telah menurunkan kitab dan hikmah kepadamu, dan mengajarkan kepadamu, apa yang belum kamu ketahui dan adalah karunia Allah sangat besar kepadamu.”
(QS. An Nisa’: 113)

Dengan demikian, beliau adalah yang paling luas ilmunya di antara semua hamba Allah. Dan sangat kuat dalam mengabdikan diri kepada Allah, sebagaimana yang telah diriwayatkan Al-Bukhary, bahwa Nabi SAW bersabda: ”Yang paling takut dan taqwa, dan paling mengetahui dan mengenal Allah adalah saya sendiri Siapa yang merenungkan ajaran yang disampaikan Allah kepada para Rasul dan Nabi-Nya, seperti yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an, akan jelas terlihat kepadanya, bahwa Nabi kita, telah dikaruniai berbagai ilmu yang jauh lebih luas dan lengkap, dibanding dengan Rasul dan Nabi yang lain, karena pengertian (mengajar kepadamu apa yang belum kamu ketahui) mengandung makna, bahwa yang tidak diketahui olehnya meliputi semua ilmu yang diberikan oleh Allah kepada para Rasul dan Nabi-Nya ditambah pula dengan ilmu-ilmu yang lain yang diajarkan Allah kepada beliau secara khusus.

Imam Muslim meriwayatkan dari Anas, bahwa Rasulullah pernah ditanya oleh beberapa orang dan pertanyaan itu sedemikian banyaknya dan bertele-tele. Maka beliau naik di atas mimbarnya dan bersabda: “Silakan kalian bertanya kepadaku. Semua pertanyaan kalian akan kujelaskan.” Dalam riwayat lain, dengan tambahan “selagi aku di tempat ini.”

Dalam sebuah hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: “Tak pernah aku mengalami hari sebagaimana hari ini, tentang baik dan buruknya, diperhatikan kepadaku surga dan neraka, maka aku melihat gambaran keduanya di balik dinding ini.”

Al-Qur’an yang telah diturunkan kepada Nabi kita SAW yang menghimpun segala ilmu pengetahuan dan diriwayatkan dalam kitab Al-Musnad, bahwa Nabi SAW bersabda: “Aku adalah Muhammad Nabi yang ummi, tiada Nabi sesudahku. Aku diberi oleh Tuhan rahasia segala sesuatu. Aku mengetahui berapa jumlah penjaga neraka, dan pembawa ‘arsy Tuhan,” (diucapkan tiga kali).

Dalam hadis-hadis tentang Isra’ dan Mi’raj juga diriwayatkan: “Aku dimasukkan surga dan kulihat di sana timbunan mutiara, sedang tanahnya kasturi yang harum semerbak.”

Adapun tentang alam barzakh, alam mahsyar dan keadaan manusia di sana kala itu, apa yang dialami selanjutnya, baik mengenai timbangan amal, menyerahkan lembaran yang berisi perbuatan masing-masing, tentang perhitungan di sirath, dan seterusnya, semua telah diberitahukan oleh Allah kepadanya. Beliau telah menceritakan seluruhnya dalam berbagai hadis.

Demikian juga alam tertinggi Al-Malaul A’la dan segala apa yang berlangsung di sana, telah ditampakkan kepadanya oleh Tuhan dengan jelas, seperti dalam hadis riwayat Ahmad dan At-Turmidzy bahwa Nabi SAW bersabda: “Saya bangun di malam hari dan shalat. Di tengah shalat, mata serasa berat mataku karena menahan ngantuk. Kemudian kurasakan seolah-olah saya di hadapan Tuhanku yang berfirman kepadaku: “Hai Muhammad, mengapa penghuni alam nan tinggi itu berselisih” Maka kujawab: “Saya tidak mengetahuinya.” Sedang menurut riwayat At-Thabrany dengan tambahan, “Maka Allah memberitahukan kepadaku segala sesuatu.” Dan dalam riwayat At-Thabrany yang lain: “Dan segala sesuatu yang ditanyakan kepadaku, aku telah, mengetahuinya.”

Ilmu pengetahuan Nabi SAW yang sedemikian luasnya itu mencakup juga segala macam makhluk, termasuk alam hewan dengan segala sesuatu yang bersangkutan dengan alam yang serba ajaib itu.

At-Thabrany meriwayatkan bahwa, Abu Darda’ berkata: “Tidak satu pun yang ketinggalan dan tidak diberitakan kepada kita oleh Rasulullah. Sampai-sampai tiada seekor burung pun yang terbang di angkasa yang tidak disebutkan kepada kita. Apa yang patut diketahui. Hadis serupa juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Cerita Nabi SAW kepada sahabatnya tentang alam burung, menunjukkan betapa luas pengetahuan beliau akan isi jagad raya ini. Semua yang diterangkan itu tentunya yang ada dan rapat hubungannya dengan kebahagiaan manusia, dilihat dari berbagai segi. Semua hal yang bertalian dengan hidup dan penghidupan ini, serta semua jalan menuju bahagia telah diterangkan beliau. Lautan ilmu yang begitu luasnya, memang tak mungkin diketahui melainkan oleh Tuhan yang melimpahkan ilmu itu kepadanya.

Imam Bukhari meriwayatkan dari Anas, bahwa Nabi SAW pernah keluar dari rumahnya dan matahari sudah mulai tergelincir ke sebelah barat, maka beliau bersholat dzuhur. Setelah selesai beliau naik ke atas mimbar berkhutbah. Beliau menerangkan hal ihwal hari qiamat, dan peristiwa besar menjelang kedatangannya. Beliau berkata: “Siapa akan bertanya, silakan? Demi Allah, apa saja yang ditanyakan kepadaku akan kuterangkan kepadamu selagi saya berada di tempat ini!” Selanjutnya Anas menjelaskan; maka terdengar suara tangisan golongan kaum Ansar, dan Rasulullah mengulang berkali-kali; “Silakan kalian bertanya kepadaku”. Tiba-tiba bangkit seorang laki dan bertanya: “Ya, Rasulullah siapakah nama ayahku?” Maka Nabi segera menjawabnya: “Ayahmu Khuzafah,” dan beliau masih terus menerus mengulangi kata-kata, “Silakan kalian bertanya kepadaku?” Maka Umar bangkit berdiri, lalu duduk bersimpuh di kaki Nabi SAW seraya berkata: “Kami rela, Allah sebagai Tuhan, dan Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasulnya.” Nabi diam sejenak, mendengar ucapan ‘Umar. Kemudian melanjutkan kata-katanya; “Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, surga dan neraka telah diperlihatkan tadi kepadaku di balik dinding ini, di saat saya sedang shalat. Saya tidak pernah mengalami hari seperti sekarang ini.” Demikian beliau mengakhiri khutbahnya.

1 comment:

nallelygadomski said...

Harrah's Lake Tahoe - MapyRO
Harrah's 김제 출장샵 Lake Tahoe. 도레미시디 출장샵 MapyRO's Map of Harrah's Lake Tahoe. 성남 출장안마 Map of Harrah's Lake 밀양 출장안마 Tahoe, Stateline, NV 군산 출장샵 89449.

Sebelumnya Selanjutnya Home